Breaking News
Home / Publikasi / BPD 16 DESA BERBAGI PENGALAMAN

BPD 16 DESA BERBAGI PENGALAMAN

Bandung – Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) bekerjasama dengan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) menyelenggarakan kegiatan Workshop Berbagi Pengalaman Advokasi Penguatan BPD, Menuju Desa Mandiri, Demokratis, dan Responsif.

Deputy Sekjen Seknas Fitra, Misbah Hasan mengatakan, acara ini sangat penting bagi perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 16 Desa untuk berbagi pengalaman terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi mereka.” kata Misbah, di Hotel El Royale Panghegar Jl Merdeka, Kota Bandung, Sabtu (9/12/2017)

Dengan kondisi desa saat ini dimana banyak anggaran yang masuk baik dari pusat melalui Dana Desa maupun dari daerah, menjadi sangat penting melibatkan kelembagaan desa seperti BPD melakukan pengawasan, sebelum melibatkan pengawas dari luar.

“Desa harus transparan dan responsif, itu perlu keterlibatan masyarakat terutama dalam pengawasan terlebih pengawasan internal oleh lembaga desa seperti BPD, tujuannya agar persoalan yang terjadi di desa diselesaikan di desa itu sendiri.” imbuh Misbah.

Sementara itu Ela Hasanah, perwakilan KOMPAK menuturkan, kegiatan yang di gagas oleh Seknas Fitra di 16 desa ini sangat bagus, namun dari catatan kami perlu ada perbaikan, terutama pelibatan kelompok perempuan dan rentan di setiap kegiatan di desa.

“Perempuan dan kelompok rentan harus ditingkatkan partisipasinya, seperti dalam pelaksanaan Sekolah Anggaran Desa dan kegiatan- kegiatan lain di desa.” kata Ela.

Kegiatan Workshop juga disi dengan diskusi publik dengan menghadirkan narasumber, Perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Trenggalek, dan Kabag. Pemerintahan Desa, Setda Jepara.

About Fitrajateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*