Breaking News
Home / Publikasi / Bupati Jepara Apresiasi Penguatan BPD

Bupati Jepara Apresiasi Penguatan BPD

Jepara – Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) bekerjasama dengan Program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) melakukan audiaensi kepada Bupati Jepara H. Ahmad Marzuki, SE, terkait pelaksanaan kegiatan penguatan kelembagaan pemerintah desa khususnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mendorong praktik pemerintahan desa yang transparan, akuntabel dan pro inklusi sosial. Rabu (31/5)

Kegiatan rencananya akan dilaksanakan di tiga kecamatan dan empat desa, Desa Mayong Lor, Desa Pancur Kecamatan Mayong, Desa Dongos Kecamatan Kedung dan Desa Tegalsambi Kecamatan Tahunan. ke empat desa tersebut rencananya akan menjadi percontohan penguatan kelembagaan dan kapasitas anggota BPD.

Lilis Suryani dari KOMPAK mengatakan, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi praktik demokratisasi desa, khususnya BPD yang selama ini kurang maksimal dalam menjalankan fungsi dan kewenangannnya.

“BPD sebagai bagian dari pemerintah desa perlu diperkuat agar ada kontrol atas kinerja pemerintah desa.” katanya

Dikesempatan yang sama Misbah Hasan Manager Program Seknas FITRA mengungkapkan, Seknas FITRA bersama KOMPAK sedang mendorong BPD agar menjalankan fungsi dan kewenangannya dengan baik.

“Sebagaimana kita ketahui, hampir diseluruh Indoensia selama ini BPD belum menjalankan fungsi dan kewenangannya, ada banyak sebab diantaranya kapasitas sumber daya manusia yang lemah sehingga perlu penguatan agar bisa bekerja dengan baik.”ungkapnya

Di Jepara kegiatan yang akan dilakukan adalah penyelenggaraan sekolah anggaran desa dan membangun mekanisme pengaduan masyarakat yang di kelola oleh BPD.

“Sekolah anggaran desa diperuntukkan bagi BPD tidak menutup aparat desa dan masyarakat terlibat. sedangkan wahana pengaduan masyarakat akan dikelola oleh BPD secara kelembagaan.”terang misbah

Semenatar itu Bupati Jepara H. Ahamd Marzuqi, SE mengapresiasi kegiatan yang akan dilaksnaakan oleh Seknas FITRA dan KOMPAK yang secara teknis akan dilakukan oleh FITRA Jawa Tengah.

“Saya sangat apresiasi kegiatan ini, persoalan politik di desa hingga berdampak pada kedua lembaga ini, pemerintah desa dan BPD. perlu didampingi agar pengabdian dalam pemerintahan semakin baik.”

Dalam audiensi tersebut hadir Assissten I Bupati Jepara H. Junaedi, Kepala BAPPEDA Edy Jatmiko, Kepala Dinsos dan Permasdes H. Zahid, Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Jepara, Eriza Yulianto.

 

About Fitrajateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*