Breaking News
Home / Publikasi / DPRD Jepara Dukung Piningkatan Kapasitas BPD

DPRD Jepara Dukung Piningkatan Kapasitas BPD

Jepara – Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) kerjasama dengan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesehatan (KOMPAK) melakukan kegiatan penguatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Jepara tahun 2017-2018.

“Saya sangat senang sekali dan membuka pintu seluas-luasnya FITRA dan KOMPAK bekerjasama” kata Juarno, Ketua DPRD Jepara saat kedatangan tim Sekans FITRA, KOMPAK dan FITRA Jateng di ruang kerja Ketua DPRD.  Rabu (31/5)

Dia berharap kegiatan penguatan kapasitas BPD juga melibatkan pemerintah desa dan masyarakat agar program ini bisa diadopsi di tempat lain.

“Saya berharap program ini melibatkan seluruh elemen desa dan bisa diadopsi oleh Pemerintah Daerah,” kata dia

Terkait dengan peraturan daerah tentang BPD sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 110 tahun 2016 tentang BPD DPRD siap memasukan di Program Legislasi Daerah (prolegda) tahun 2018.

“Kita siap memasukkan perda BPD di prolegda 2018.”tegas Juarno

Seknas FITRA bersama KOMPAK akan melaksanakan Program Mendorong Transparansi Anggaran dan Pengembangan Mekanisme Pengaduan di Desa di Jepara.  diambil 4 (empat) desa sebagai percontohan. Desa Mayong Lor, Desa Pancur, Kecamatan Mayong, Desa Dongos, Kecamatan Kedung dan Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan.

Misabah Hasan selaku Manager Program Seknas FITRA mengungkapkan, program ini akan fokus pada penguatan kapasitas BPD di empat desa, tujuannya agar BPD dapat menjalankan fungsi dan kewenangannya dengan baik sebagaimana yang diharapkan.

“Ada 2 (dua) kegiatan utama yang ingin dicapai dalam program ini yaitu; Sekolah Anggaran Desa dan Wahana Pengaduan Masyarakat yang dikelola oleh BPD. kata dia

 

 

 

About Fitrajateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*