Breaking News
Home / Publikasi / Kebumen Paling Transparan

Kebumen Paling Transparan

Jakarta – Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) laounching hasil  Local Budget Study  dan Portal Info Anggaran. Di Hotel Aryaduta Jakarta (16/3/2017)

Acara dengan tema ‘Mendorong Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Transparan, Akuntabel, Partisipasif, dan Responsif Gender’ ini melakukan studi di 70 kabupaten/kota yang tersebar di 18 provinsi seluruh Indonesia.

Dari hasil studi tersebut terpilihlah 5 daerah terbaik dalam tata kelola anggaran APBD tahun 2016:
1. Kabupaten Kebumen sebagai daerah dengan indeks Transparansi Tertinggi.
2. Kabupaten Bone sebagai daerah dengan indeks Partisipasi Tertinggi.
3. Kabupaten Kulon Progo sebagai daerah dengan indeks Akuntabilitas Tertinggi.
4. Kabupaten Bone sebagai daerah dengan indeks Responsif Gender Tertinggi.
5. Kota Surabaya sebagai daerah dengan indeks Keuangan Daerah Terbaik.

Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad  mengatakan, “Penghargaan ini kedua kalinya diterima Kebumen, kami mengucapkan terima kasih kepada Seknas FITRA dan ini akan memacu semangat kami untuk terus memperbaiki diri.” katanya saat memberi sambutan.

Selain Kebumen hadir juga Bupati terpilih Kabupaten Kulon Progo pada pilkada 2017 dan Plt. Bupati Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo terpilih Hasto Wardoyo yang menerima penghargaan daerah dengan indeks akuntabilitas tertinggi “Saya berterima kasih dengan penghargaan ini dan akan memacu kami untuk terus bekerja yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan daerah.” katanya.

Hasto juga mengatakan “Seperti yang disampaikan pak Mendagri, saya memang mendorong warga Kulon Progo untuk bergotong royong membangun rumah warga miskin melalu kegiatan bedah rumah mandiri tanpa dibiayai APBD.”

Tahun 2017 ini Kabupaten Bone mendapat dua penghargaan sebagai daerah dengan indeks partisipasi tertinggi dan daerah dengan indeks responsif gender tertinggi. sementara Kota Surabaya mendapat penghargaan daerah dengan indeks keuangan daerah terbaik.

About Fitrajateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*