Breaking News
Home / Publikasi / Kinerja Akuntabilitas Jawa Tengah Dibawah Jawa Timur

Kinerja Akuntabilitas Jawa Tengah Dibawah Jawa Timur

Optimalisasi reformasi birokrasi terus didorong oleh pemerinmtah Provinsi Jawa Tengah, salah satunya dengan pelaksanaan program e-government sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat adanya pelayanan yang prima, cepat dan mudah dapat terlaksana dengan baik.

Dikutip dari alaman resmi jatengprov.go.id   Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP mengatakan, penguatan e-government sangat penting dilakukan karena terbukti melalui sarana teknologi informasi Jawa Tengah mampu mengendalikan inflasi, di mana pada 2016 lalu inflasi di provinsi ini sebesar 2,3 persen, lebih rendah dari inflasi nasional yang sebesar 3,02 persen. Selain itu, penggunaan teknologi informasi juga sejalan dengan delapan area reformasi birokarasi yaitu keterbukaan informasi kepada masyarakat.

“Kita ini nanti juga akan penguatan e-government. Ini penting ‘e-e’ itu, ada e-planning, e-budgeting, e-controlling, terus ada e-kinerja, dan yang terakhir itu jangan sampai elhadalah ora ngerti,” katanya pada Rapat Koordinasi Implementasi Reformasi Birokrasi OPD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 di Hotel Indah Palace Kota Surakarta, Rabu (19/4) malam.

Pemerintah pusat melalu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menetapkan beberapa sasaran dan indokator keberhasilan pelaksnaan reformasi birokrasi, diantaranya adalah akuntabilitas.

Berdasarkan hasil Laporan Evaluasi Kinerja kementerian/lembaga dan Pemerintah Provinsi  okeh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tahun 2015.  Perkembangan nilai akuntabilitas kinerja pemerintah provinsi,   Jateng ada diurutan ke 7 dibawah Sumatera Selatan. Sementara itu posisi pertama Provinsi DI. Yogyakarta, disusul Jatim di urutan ke dua.

Berikut Nilai akuntabilitas kinerja pemerintah provinsi tahun 2015:

  1. DI. Yokyakarta (80.68) Peringkat A
  2. Jawa Timur (80.04) Peringkat A
  3. Kalimantan Selatan (76.30) Peringkat BB
  4. Bali (75.39) Peringkat BB
  5. Kalimantan Timur (75.15) peringkat BB
  6. Sumatera Selatan (75.11) peringkat BB
  7. Jawa Tengah (72.09) peringkat BB
  8. Sumatera Barat (70.52) peringkat BB
  9. Jawa Barat (70.06) peringkat BB
  10. Kepulauan Riau (68.62) peringkat B

 

About Fitrajateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*