Breaking News
Home / Publikasi / Mendagri Apresiasi Kerja FITRA

Mendagri Apresiasi Kerja FITRA

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menghadiri Launching Hasil Local Budget Study (LBS) dan Portal Info-Anggaran yang diselenggarakan oleh Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA).

Mendagri mengapresiasi hasil study  yang dilakukan oleh FITRA dalam rangka mendorong perbaikan pengelolaan keuangan daerah.

“Saya apresiasi apa yang dihasilkan oleh FITRA.” kata Tjahjo Kumolo diHotel Aryaduta, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 44-48, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2017).

Tjahjo mengatakan harus ada singkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah terutama dalam hal kebijakan strategis. “anggaran yang sudah dibahas bersama DPRD setempat, saya ikut mengawasi kalau tidak sesuai akan saya coret.”

Tjahjo juga menyinggung soal E-Budgeting yang saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah.

“Khusus E-budgeting, ini mampu mengurangi indeks korupsi karena masalah penganggaran salah satu bagian kenapa banyak kepala daerah yang terkena OTT,” ungkapnya.

Kami juga akan terus bekerja sama dengan FITRA, apa yang bisa kami bantukan akan kami bantukan agara sinergi anatara pemerintah denga lembaga swadaya tetap terus terjalin dengan baik.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal FITRA Yenny Sucipto mengungkapkan sejak tahun 2008 pihaknya telah melakukan penelitian terhadap 200 hingga 300 kabupaten kota terkait dengan evaluasi pengelolaan transparansi anggaran pemerintah daerah.

Yenny juga mengungkapkan pengelolaan keuangan di daerah harus dibarengi dengan pelaksaan prinsip akuntabilitas dan transparansi. terlebih kaitanya dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“APBN dan APBD itu adalah instrumen kesejahteraan dan memakmurkan rakyat,” tutur dia.

Acara juga dihadiri oleh bebrapa perwakilan pemerintah kabupaten /kota dan para peneliti lokal dari 70 kabupaten/kota lokasi study.

About Fitrajateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*