Breaking News
Home / Editorial / Menjaga Kepercayaan Masyarakat

Menjaga Kepercayaan Masyarakat

KORUPSI merupakan tantangan serius bagi pemerintah. Kepercayaan masyarakat menitipkan pengelolaan uangnya bisa jadi akan hilang bila jerat korupsi dibiarkan semakin masif menjangkiti perangkat-perangkat aparatur daerah. Untuk menjauhkan prilaku korupsi dari aparatur pemerintahan dibutuhkan pembatas yang tegas. Pembatas yang tegas dapat menjaga kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Dalam perspektif itulah transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran menjadi sangat penting. Pembatasan lain adalah dengan diberlakukannya kewajiban bagi seluruh aparatur pemerintah untuk melaporkan harta kekayaannya. sehingga dapat dipantau peningkatan harta setiap pegawi aparatur pemerintahan.

Apalagi saat ini banyak sekali aparat pemerintahan ditingkatan desa, kabupaten dan provinsi terjerat korupsi. Tentu masih banyak juga pelaku korupsi yang belum terungkap ke publik. ini perlu mendapat perhatian serius, supaya uang rakyat tidak disalah gunakan.

Transparansi anggaran harus terus didorong tujuannya untuk memaksimalkan tujuan pembangunan mensejahterakan rakyat. akuntabilitas harus terus di suarakan agar tak ada serupiah pun uang rakyat yang diselewengkan. Melaporkan harta kekayaan harus terus di kampanyekan agar aparatur pemerintahan tidak sembarangan.

Ketegasan harus terus dilakukan, jangan hanya dihentakkan satu waktu, tetapi kemudian melempem waktu berikutnya. Menjaga konsistensi ketegasan harus menjadi kesepakatan bersama pemerintah  agar kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah tak tergerus oleh prilaku korupsi.

About Fitrajateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*