Breaking News
Home / Publikasi / Perempuan Anti Korupsi, Belajar Trata

Perempuan Anti Korupsi, Belajar Trata

Jepara – Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Jawa Tengah, beberapa waktu lalu selenggarakan pelatihan pencegahan korupsi kepada  kelompok ibu-ibu peduli perencanaan dan penganggaran dengan game TRATA (Transparansi, Akuntable dan Tepat Guna).

Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) bersama KPK mendukung Kementerian Dalam Negeri; Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk mengembangkan alat bantu TRATA.

Koordinator Fitra Jawa Tengah, Mayadina RM mengatakan, Bermain trata itu asyik dan menyenangkan. Ada proses edukasi disana, yaitu terkait dengan proses perencanaan dan penganggaran di desa.

“Trata game yang baik untuk pembelajaran pencegahaan korupsi, trata mengajak peserta untuk belajar kasus tindak pidana korupsi, mendiskusikan bersama mencari solusi pencegahan dan penangannya.” kata Maya.

Belajar sambil bermain game trata bisa dilakukan dimana saja, dan oleh siapa saja hanya butuh beberapa orang menjadi peserta yang bisa dibagi menjadi empat kelompok. untuk optimalisasi game,  trata harus dimainkan secara berkelompok. 

About Fitrajateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*